Jumat, 12 Juni 2015

Horog-Horog, makanan khas Kota Jepara

Horog-Horog, makanan khas Kota Jepara

Horog-Horog, itulah namanya. Horog-Horog adalah satu kuliner khas kota Jepara. Horog-Horog mempunyai rasa dan bentuk yang khas. Tekstur Horog-Horog cenderung kasar tapi lembut *eh maksudnya apa??
Horog-Horog agak2 mirip tiwul gitu. Horog-Horog. Makanan khas Jepara ini terbuat dari olahan pohon Aren. Proses pembuatanya cukup panjang dan lama, dimulai dari pengerukan sagu dari batang aren, kemudian tepung aren dicuci, setelah itu dilakukan pengeringan dengan bantuan abu di atas adonan. Adonan selanjutnya dikukus secara kering hingga berbentuk gumpalan-gumpalan kecil, pengukusan ini dilakukan beberapa kali berulang-ulang hingga terbentuk gumpalan kristal yang terasa kenyal. 
Masyarakat Jepara menjadikan Horog-Horog ini sebagai makanan pokok pengganti beras, mereka juga menjadikan Horog-Horog sebagai bahan baku makanan yang bisa di padu padankan dengan kuliner lain sesuai selera, seperti pecel, bakso, es kolak plus Horog-Horog, sate kikil plus horog-horog yang lezat, bahkan Horog-Horog ini dapat dibuat minuman yang disebut wedang Horog-Horog. Horog-horog bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional, warung bakso, warung pecel dan kedai minuman. Cukup dengan Seribu rupiah sampai limaribu rupiah sebungkus, anda bisa menikmati makanan khas jepara ini. Horog-Horog di bungkus di dalam daun jati atau pisang sehingga makin menambah sedap untuk di nikmati. Jadi ketika kalian ke Jepara, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner tradisional khas Jepara yang kenyal nan gurih yang biasanya di sajikan di atas lipatan daun jati ini.

Horog-horog 


sate horog-horog
Horog-Horog itu mudah dibuat looohh....
Kalian bisa kok nyoba, ni aku kasih resepnya yaa
Bahan :
- Tepung beras 250 gram, kukus
- Air mendidih 150 ml 
- Gula pasir 100 gram 
- Pewarna makanan merah secukupnya  
- Kelapa 1/4 butir, parut memanjang, kukus untuk taburan 

Cara membuat :
1. Cmpur tepung, air dan gula. Aduk rata hingga adonan kalis.
2. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi dengan minyak goreng,
3. Kukus selama 25 menit atau hingga matang. Angkat.
4. Selagi hangat parut kasar kue, sisihkan.
5. Sajikan dengan kelapa parut.

Nah, gampang kan guys, selamat mencba yaa..... :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Dyna's Diary | Design : Noyod.Com